:

Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Depok-Antasari Seksi I hari ini. Tol ini memiliki panjang 5,8 km dan menghubungkan Antasari-Brigif, Kamis (27/9/2018) sore.

Jokowi tiba di lokasi peresmian sekitar pukul 16.15 WIB. Lokasi peresmian ialah Gerbang Tol Cilandak Utama yang berdekatan dengan Simpang Susun Antasari.

Peresmian ini ditandai dengan penekanan sirine dan penandatangan prasasti. Jokowi menekan sirine berbarengan dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Direktur PT Citra Marga Nushapala Persada Tbk Tito Sulistio.

"Semoga dan saya berharap tol Antasari ini dapat mempercepat mobilitas barang dari Antasari dan juga Depok. Ini kerjasama dengan pihak swasta dan BUMN. Jika kerjasama ini terus dilakukan maka percepatan pembangunan jalan tol di tanah air akan semakin cepat dilaksanakan," ujar Jokowi, di lokasi peresmian, Kamis (27/9/2018).

Pembangunan Tol Desari memang sempat terkendala sejumlah hal misalnya terkait pembebasan lahan.

Akibatnya, perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) telah ditandatangani sejak tahun 2006. Kemudian kontrak PPJT diamandemen pada 2011 karena adanya perubahan biaya investasi

Beroperasinya ruas tol Desari ini juga diharapkan bisa meningkatkan konektivitas antara Jakarta dengan kota-kota penyangganya seperti Kota Depok, Kabupaten Bogor dan Kota Bogor.

"Keberadaan Tol Depok Antasari merupakan jalur alternatif bagi warga Jakarta menuju daerah Depok, Bogor dan sekitarnya. Apalagi saat ini kemacetan di Tol Jagorawi kerap terjadi akibat adanya sejumlah pekerjaan jalan," tutur Direktur Utama PT Citra Waspphutowa Djoko Sapto M. Mulyo. Citra Waspphutowa adalah kontraktor yang membangun tol Desari Seksi I.

Beroperasinya tol ini diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat. Sebab, dengan tol ini kendaraan dari Antasari-Brigif dan sebaliknya bisa ditempuh hanya dalam sekitar 10 menit. Berbeda jika melalui jalan biasa baik melalui Jalan Fatmawati Raya maupun Cilandak yang sering memakan waktu berjam-jam dalam kondisi macet.

Pembangunan Tol Desari ini terbagi dalam tiga seksi yaitu, seksi I ruas Antasari-Brigif atau Cinere sepanjang 5,80 km, seksi II ruas Brigif-Sawangan sepanjang 6,30 km dan seksi III Sawangan-Bojong Gede, Bogor sepanjang 9,5 Km.

Total panjang keseluruhan ruas tol Depok Antasari yaitu 21,60 km. Jalan Tol Depok Antasari rencananya juga akan terkoneksi dengan Tol Bogor Ring Road hingga Ciawi dengan penambahan ruang lingkup Rojong Gede -Salabenda sepanjang 6,5 Km.

Pelayanan transaksi seluruhnya pada rual tol ini akan menggunakan non-tunai (e-payment) melalui Gardu Tol Otomatis (GTO) Single dan GTO Multi golongan dengan menggunakan empat operator bank yaitu bank Mandri, bank BNI, bank BRI dan bank BCA.

Untuk jumlah fasilitas pendukung juga telah tersedia yaitu Unit Pelayanan Lalu Lintas seperti mobil patroli, ambulans, rescue, derek dan Patroli Jalan Raya (PJR).

Tol Desari juga memiliki pelayanan Sentral Komunikasi (Senkom). Layanan ini dilengkapi dengan 81 CCTV yang tersebar disepanjang ruas jalan tol setiap jarak 500 meter dan lokasi penting lainnya seperti di gerbang tol dan simpang susun.

Sebagai informasi, pengelolaan tol Depok-Antasari ini dilakukan PT Citra Waspphutowa yang merupakan anak perusahaan PT Citra Marga Nusaphala Persada (CVNP).

Adapun masa konsesi pengelolaan jalan Tol Depok Antasari berlangsung selama 40 tahun hingga tahun 2056.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Antasari ke Brigif Cuma Makan 10 Menit setelah Tol Desari Beroperasi, http://wartakota.tribunnews.com/2018/09/27/antasari-ke-brigif-cuma-makan-10-menit-setelah-tol-desari-beroperasi?page=2. Penulis: Feryanto Hadi

Editor: Gede Moenanto

Kalkulator KPR

Interior Design

  • Kamar Anak

    Dengan jumlah kamar yang mencukupi sebuah...

  • Kitchen Set

    Tampilan dapur yang modern bersisian dengan...

  • Living Room

    Rumah compact yang menawarkan efisiensi dalam...

Berita Terbaru

Hubungi Kami


Klik di sini